Inilah Istilah Dalam Studi Bahasa Pemrograman Java!
Inilah Istilah Dalam Studi Bahasa Pemrograman Java! Java adalah bahasa pemrograman modern tingkat tinggi yang dirancang pada awa...
Java adalah bahasa pemrograman
modern tingkat tinggi yang dirancang pada awal 1990-an oleh Sun Microsystems,
dan saat ini dimiliki oleh Oracle. Java adalah Platform Independent, yang
berarti Anda hanya perlu menulis program sekali untuk dapat menjalankannya di
sejumlah platform yang berbeda.
Java mempunyai sifat portable,
kokoh, dan dinamis, dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan hampir semua
jenis aplikasi. Java menjamin Anda bisa Write Once, Run Anywhere.
Untuk mendistribusikan aplikasi
anda ke berbagai platform anda perlu menciptakan hanya satu versi saja.
Lebih dari 3 miliar perangkat
menjalankan Java. Java sebagai wilayah yang digunakan untuk mengembangkan
aplikasi untuk google android os, berbagai aplikasi desktop, seperti media
permainan, program antivirus, aplikasi web, perusahaan aplikasi perbankan, dan
lainnya.
Mari Belajar, berlatih, dan
kemudian bergabung dengan komunitas besar pengembang Java di seluruh dunia.
Karena Java ini memiliki komunitas pengembang yang besar.
DASAR TEORI
Istilah dasar teori berupa:
- Class yaitu pengelompokan
beberapa method
- Method/Fungsi yaitu cara
untuk melakukan suatu proses.
- Konstruktor yaitu bagian dari
class yang berfungsi membuat sebuah object dan di panggil pertama kali saat
class tersebut di akses oleh class lain.
- Acces Modifier yaitu hak
akses terhadap class atau variable.
- OOP yaitu java berorientasi
kepada objek dimana sifat dan tingkah lakunya seperti objek.
Istilah lainnya seperti:
- Thread/Multi Thread yaitu
kemampuan menjalankan proses secara bersamaan dalam satu waktu
- Package yaitu pengelompokan
class
- Tipe Data yaitu tipe dari
suatu variable di dalam class
- Variable yaitu tempat untuk
menyimpan data sementara (di memori).
Kelompok 1
INHERITANCE, ENCAPSULATION,
POLYMORPHISM
- Inheritance/Penurunan (Pewarisan) yaitu
class di java bisa menurunkan (method, variable) kepada class lainnya
- Encapsulasi yaitu
pembungkusan java, dalam hal ini java di bungkus oleh sebuah class dimana class
tersebut punya hak akses
- Polymorphism Secara leksikal,
polymorphism (polimorfisme) bermakna satu kata yang memiliki banyak arti. Polimorfisme
dapat diilustrasikan dengan penggunaan kata “ mentah “
Kelompok 2
ABSTRACT CLASS, INTERFACE,
INNER CLASS
- Abstract Class yaitu class
yang menjadi dasar penurunan dari class lain yang berisi method abstract (tanpa
deklarasi) ataupun non-abstract (dengan deklarasi).
- Interface yaitu class yang
hanya berisi method abstract (tanpa deklarasi).
- Inner class adalah kelas yang
disisipkan de dalam kelas yang lain.
Kelompok 3
OVERLOADING, OVERRIDING DAN
EXCEPTION
- Overriding yaitu dimana ada
dua method (method induk dan method anak) yang sama nama dan parameternya,
karena dia menurunkan method dari induknya.
- Overloading yaitu dimana ada
dua method atau lebih yang namanya sama tapi parameternya berbeda.
- Exception adalah suatu objek
error khusus yang dibuat ketika terjadi kesalahn pada suatu program. Setelah
suatu objek exception dibuat oleh java, objek tersebut dikirim ke program,
proses ini disebut throwing an exception.
Kategori Exception error dalam program:
1. Syntax error
Error yang terjadi apabila java
compiler menemukan kesalahan pada syntax atau aturan-aturan lainnya pada program
2. Runtime error
Error yang terjadi karena
factor eksternal, seperti adanya pembagian dengan nol, input tidak sesuai dengan
tipe yang diminta dan sebagainya.
3. Logic error
Error yang terjadi karena
kesalahan logika pemograman. Misalnya pembagian dua bilangan diberi tipe data
int. hal ini menyebabkan hasil tidak valid karena ada bagian koma decimal yang
akan hilang.
Package Dan Java Kelas
Package (Mengelompokan)
Package digunakan untuk
mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungsinya
atau karena alas an lainnya) pada direktori yang sama, dimana di dalam setiap
kelasnya terdapat directive (statement java dalam source code yang digunakan
untuk membuat kelas) package yang mengacu pada direktori tersebut
Deklarasi package:
Package namapackage;
Deklarasi import ada 2 yaitu:
1. Mendeklarasikan penggunaan
kelas suatu package satu persatu
Import namaPackage.namaKelas;
2. Mendeklarasikan penggunaan
semua kelas suatu package
Import namaPackage.*;
Java kelas
Sun Microsystems, Inc. selaku
pengembang utama java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk
mempermudah pembuatan apikasi Java.
1. Kelas String
String merupakan kelas yang
menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat
berguna untuk memanipulasi string.
2. Kelas Math
Math merupakan kelas yang
terdapat pada paket java. Lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi
matematika.
Java GUI
Graphic User Interface (GUI)
adalah suatu aplikasi dalam java yang berbasis grafik. GUI membuat hasil dari
suatu program tampak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh para user serta
kenmudahan penggunaan program. Java menyediakan dua kelas GUI, yaitu AWT
(Abstrac Windowing Toolkit) dan Swing.
1. AWT (Abstrac Windowing
Toolkit)
AWT terdapat pada package
java.awt. Package java.awt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform
system operasi. Kelas yang terdapat pada package java.awt seperti button,
label, window, frame panel dan dialog.
2. SWT (Standart Toolkit)
SWT terdapat pada package
java.swt. Package java.swt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform
system operasi. Tampil dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi
sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Namun perfoma dari SWT ini hamper sama
seperti swing
3. Swing
Swing terdapat pada package
javax.swing. Package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem
operasi. Implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah
terdapat pada package javax.swing yaitu JFrame, JDialog, JOption, JLabel.
Manajemen Layout
Manajemen pemasangan komponen
(manajemen layout) diperlukan untuk mengatur penempatan komponen di dalam frame
agar bias menghasilkan bentuk interface yang menarik.
Pengguna layout manager dalam
menggunakan letak komponen juga akan memudahkan kita menempelkan kompone pada
frame. Method setLayout digunakan untuk mengatur jenis metode yang di gunakan
pada saat pemasangan komponen.
1. Metode FlowLayout
Metode FlowLayout menempatkan
komponen di frame berdasarkan urutan komponen-komponen tersebut ditempelkan ke
frame. Penyusunan dimula dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
Secara default seluruh komponen
yang ditambahkan dengan metode FlowLayout akan ditampilkan dengan rata tengah,
namun metode FlowLayout memiliki konstanta LEFT, CENTER, dan RIGHT untuk
mengatur perataan komponen yang diinginkan.
2. Metode GridLayout
Metode GridLayout akan membagi
area layar menjadi sejumlah tempat dalam bemtuk matriks ukuran yang sama. Area
layar dibagi dalam format baris dan kolom. Akibatnya setiap komponen akan
memiliki ukuran yang sama, tidak peduli bagaimana ukuran yang sama sebenarnya.
Setiap kali terjadi perubahan
ukuran frame, ukuran setiap komponen juga akan berubah. Pada prinipnya yang
dipertahankan adalah jumlah baris dan kolom yang telah ditentukan.
3. Metode BorderLayout
Metode BorderLayout menggunakan
konsep arah dalam memasang komponen. Class BorderLayout menyediakan lima
konstanta yang menyatakan arah mata angin, yaitu NORTH, EAST, SOUTH, WEST, dan
CENTER.
4.Metode NoneLayout
Metode NoneLayout tidak cukup
fleksibel digunakan. Oleh karena itu harus mengatur lokasi tiap objek titik
demi titik. Tiap objeknya ditentukan oleh koordinat di dalam window. Jika
dilihat dari hal kerapian dan kebebasan mengatur tampilan sendiri, layout ini
menempati peringkat teratas dari semua alternative layout.
Event Handling
Event Handling adalah suatu
metode untuk menangani sebuah event/aksi yang diberikan pengguna kepada suatu
komponen GUI. Event adalah suatu peristiwa yang dipicu oleh pengguna pada suatu
komponen, misalnya tombol ditekan.
Dua yang biasa untuk menangani
kejadian adalah java.awt.event dan java.swing.event. Event handling dalam
menangani event terbagi menjadi 3 macam yaitu Event Source, Event Listener dan
Event Handler.
1. Event Source
Event source adalah komponen
yang mendapatkan suatu event yang kemudian ditangkap oleh event listener. Event
source dapat dibedakan dari penamaan komponen itu sendiri, misalntya
tombolSimpan, tombolHapus, dan lainnya.
2. Event Listener
Event Listener digunakan untuk
menangkap event yang terjadi pada komponen/Event Source.
3. Event Handler
Event Handler berupa blok
method dari Listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen
mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener
akan menangkap event pada Event Source tombol simpan, kemudian Event Handler
akan menyimpan data yang didefinisikan pada blok Event Handler.
Silahkan bertanya jika benar-benar mengalami kesulitan.